Kesehatan Balita

Tumbuh Kembang Anak Pada Tahun Pertama

KlikDokter, 18 Mar 2014

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Berikut adalah beberapa hal yang seharusnya dilakukan oleh buah hati Anda pada tahun pertama kehidupannya. Simak selengkapnya oleh dr. Alvin Nursalim disini.

Tumbuh Kembang Anak Pada Tahun Pertama

 

Klikdokter.com - Ketika Anda baru saja mengendong buah hati Anda, pasti rasa gembira yang Anda rasakan tidak terkira. Sebagai orangtua tentu Anda harus memperhatikan perkembangan anak Anda, dan Anda harus jeli dalam melihat berbagai perkembangan sang buah hati. Berikut adalah beberapa hal yang seharusnya dilakukan oleh buah hati Anda pada tahun pertama kehidupannya.

  • Sejak bulan pertama sang bayi akan menggerakkan kepalanya ke berbagai sisi. Selain itu, sang bayi juga dapat  menggenggam dengan erat. Mata bayi sudah dapat melihat sekitar tetapi tidak fokus.
  • Pada bulan kedua sang bayi mulai senang bermain dengan jari dan mulai dapat tersenyum.
  • Pada bulan ketiga, sang bayi mulai dapat menyentuh dan menangkap benda. Sang bayi juga dapat menggenggam benda dengan tangannya. Ocehan kecil juga mulai dikeluarkan sang bayi. Berilah bayi anda alat permainan yang mengeluarkan bunyi untuk merangsang indra pendengarannya.   
  • Pada bulan keempat sang bayi mulai dapat mendorong lengan saat tengkurap, dan mulai dapat tertawa keras. 
  • Pada bulan kelima, sang bayi suka berguling dari satu sisi ke sisi yang lain. Bayi juga sudah mulai mengenal wajah-wajah yang familiar, seperti ayah dan ibunya. 
  • Pada bulan keenam, bayi senang berceloteh, dan tangannya semakin mahir dalam menggenggam benda-benda disekitarnya. 
  • Bulan ke delapan, bayi mulai dapat duduk tanpa sokongan, bertepuk tangan, dan lebih responsif dalam interaksi dengan orang lain. 
  • Bulan ke sembilan, bayi mulai mencoba merangkak, mencengkeram benda dan kadang bisa merasa gelisah jika berada di tengah orang asing. Ajarilah anak untuk menyebut perkataan yang mudah seperti ‘mama’ dan ‘papa’ untuk merangsang kemahirannya bercakap. 
  • Bulan ke sepuluh, bayi mulai dapat berdiri, menyusun dan mengatur mainan. Bayi juga mulai dapat melambaikan tangan. Bayi juga mulai mengerti hubungan sebab akibat seperti, “Jika aku menangis, maka ibu akan datang”. 
  • Bulan ke sebelas, sang bayi mulai dapat berjalan dengan bantuan benda disekitarnya. Bayi juga sudah dapat mengucapkan kata ‘papa’, ‘mama’. 
  • Bulan ke dua belas, bayi sudah dapat berdiri tanpa berpegangan, sudah dapat mengucapkan dua-tiga kata, dan menirukan beberapa gerakan yang sering Anda lakukan.

Itulah beberapa perkembangan bayi yang dapat terjadi selama tahun pertama kehidupannya. Semoga informasi ini menambah pengetahuan Anda tentang perkembangan sang buah hati.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman utama website kami.[](AN)

 

 

Ditulis oleh

dr. Alvin Nursalim

Anggota Dewan Redaksi Medis

Klikdokter.com

 

 

Tumbuh Kembang Anak Usia 1 Tahun

Konsultasi Dokter Terkait