Kehamilan

Kaki Bengkak Saat Hamil, Ini Solusinya!

Tim Redaksi KlikDokter, 13 Mar 2014

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

rahim yang bertambah besar menekan pembuluh darah sehingga mengganggu aliran darah balik ke jantung. Hal ini dapat menyebabkan pembengkakan pada tungkai, pergelangan kaki, dan kaki. Selain itu, perubahan hormon juga dapat berperan. Ibu dapat melakukan hal

Kaki Bengkak Saat Hamil, Ini Solusinya!

Klikdokter.com - Banyak faktor yang mempengaruhi pembengkakan kaki dan pergelangan kaki saat hamil. Tubuh memproduksi dan menahan cairan dalam tubuh lebih banyak saat kehamilan. Selain itu, rahim yang bertambah besar menekan pembuluh darah sehingga mengganggu aliran darah balik ke jantung. Hal ini dapat menyebabkan pembengkakan pada tungkai, pergelangan kaki, dan kaki. Selain itu, perubahan hormon juga dapat berperan.

Ibu dapat melakukan hal-hal di bawah ini untuk mengatasinya:

  • Hindari berdiri terlalu lama dan menyilangkan tungkai. Bila memungkinkan, duduk dengan posisi mengangkat kaki dan secara teratur putar pergelangan kaki. Ibu juga dapat duduk di bawah dan mempertahankan tungkai pada posisi lebih tinggi.
  • Berbaring miring ke kiri. Dalam posisi ini, tekanan pada vena cava inferior, yaitu pembuluh darah besar yang dilewati darah dari tubuh bagian bawah ke jantung, berkurang. Taruh bantal di bawah tungkai untuk menjaga posisinya lebih tinggi.
  • Gunakan compression stocking.
  • Minum cairan dalam jumlah cukup, yaitu 10 gelas (2,3 liter) per hari selama kehamilan.
  • Lakukan aktivitas fisik yang rutin seperti berjalan mengeliling lingkungan rumah, bersepeda, atau berenang.
  • Rendam kaki dalam air.
  • Kompres dingin pada daerah yang bengkak.
  • Pijat kaki teratur.

Artikel Lainnya: Dampak Preeklampsia pada Ibu Hamil dan Janin, Apa Saja?

Ibu harus berhati-hati bila tungkai dirasa sangat bengkak. Kunjungilah dokter Ibu bila terjadi pembengkakan yang sangat berat atau tiba-tiba atau hanya pada satu tungkai. Pembengkakan yang tiba-tiba dapat menjadi salah satu tanda kondisi yang sangat serius yaitu preeklampsia.

Gejala preeklampsia yang lain adalah nyeri kepala hebat, pandangan kabur, dan peningkatan berat badan yang terlalu banyak. Sedangkan pembengkakan pada satu tungkai saja, terutama bila disertai nyeri pada betis atau paha dapat mengindikasikan penyumbatan bekuan darah.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter di laman website kami.[](PNA)

  

Ditulis oleh

dr. Puti Naindra Alevia

Anggota Dewan Redaksi Medis

Klikdokter.com 

Kaki Bengkak Hamil

Konsultasi Dokter Terkait