Sukses

Headphone Berpotensi Merusak Pendengaran

Seiring dengan perkembangan jaman, akhir-akhir ini banyak data mengenai meningkatnya kerusakan pendengaran pada anak muda

oleh: dr. Indiradewi Hestianingsih

Klikdokter.com – Paparan suara secara frontal ke indera pendengaran kita dengan jangka waktu tertentu berpotensi merusak pendengaran.

Seiring dengan perkembangan jaman, akhir-akhir ini banyak data mengenai meningkatnya kerusakan pendengaran pada anak muda yang diduga karena pemakaian sarana MP3 Player melalui earphone secara terus menerus. Penyebab yang ditemui adalah karena seringnya kontak langsung dengan volume bersuara keras dalam waktu lama, sehingga dapat mengakibatkan kerusakan pendengaran yang permanen. Kerusakan pendengaran akibat bunyi atau suara keras tidak sama dengan berkurangnya pendengaran karena usia lanjut tapi akibatnya hampir sama.

Bunyi normal yang dapat ditoleransi oleh telinga manusia berkisar sekitar 65 decibel (dB). 85 dB dianggap sudah merugikan telinga Anda. 114 dB selama 1 menit sudah bisa menyebabkan kerusakan pendengaran. Model lama MP3-player  bisa memproduksi suara sampai 135 dB!

Di Eropa sendiri, ditetapkan bahwa bunyi atau kebisingan tidak boleh diatas 100 DB.

Jangan mengabaikan masalah ini sampai membawa kondisi pada usia muda Anda sudah harus menggunakan alat bantu pendengaran. Renungkan bahwa pendengaran mungkin adalah panca indera yang terpenting dari manusia (untuk bisa berkomunikasi, menentukan arah dan keseimbangan).

(IH)

 

0 Komentar

Belum ada komentar