Kesehatan Umum

Solusi Sulit Tidur

Klikdokter, 06 Apr 2011

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Dahulu orang sering berasumsi bahwa waktu tidur yang ideal adalah selama tujuh hingga delapan jam. Faktanya, angka itu tidak lagi menjadi...

Solusi Sulit Tidur

Klikdokter.com. Dahulu orang sering berasumsi bahwa waktu tidur yang ideal adalah selama tujuh hingga delapan jam. Faktanya, angka itu tidak lagi menjadi patokan. Prinsipnya selama kualitas tidur itu baik, tak peduli lama atau sebentar maka anda pun bisa kembali fresh keesokan harinya. Semoga tips berikut mebantu para pembaca klikDokter.com dalam meingkatkan kualitas tidur yang baik.

  1. Sesungguhnya para peneliti hanya mengenal kamar tidur sebagai dua fungsi. Yang pertama untuk melakukan aktivitas seks dan untuk tidur. Bila kamar tidur dan kasur agan telah digunakan untuk fungsi lain, ini justru akan mengurangi kualitas ruang istirahat. Jadi jangan sekali-kali menyatukan ruang tidur dengan ruang kerja atau belajar. Untuk agan yang masih kos sebaiknya fungsikan bagian-bagian kecil di kamar dengan sebaik mungkin. Sehingga kasur hanya dipakai untuk tidur selebihnya lakukan aktivitas lain seperti belajar atau menonton TV di tempat lain.
  2. Hindari ornamen ruang tidur dengan interior berwarna terang atau ramai. Untuk mengubah jam malam agan coba gantungkan jam dinding berlawanan dengan arah pandang.
  3. Jika belum bisa tidur juga jangan berlama-lama berbaring di atas tempat tidur. Lebih baik bangun dan lakukan aktivitas lain. Hindari tempat tidur sebelum agan merasa terkantuk.
  4. Tetapkan waktu tidur yang teratur. Jam tidur yang berantakan bisa mengganggu jam biologis agan. Walau telat tidur bukan berarti agan bisa bangun lebih siang. Awalnya memang sulit namun jika pola itu sudah tertanam dengan baik pasti bisa dijalani.
  5. Tak usah memaksakan diri jika tak bisa tidur siang. Tidur siang hanyak akan memulihkan keletihan sesaat saja namun akibatnya agan jadi susah tidur di malam hari. Pola agan akan berubah jika hal ini terjadi.
  6. Setelah makan siang hindari mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung caffein atau zat stimulan lainnya. Caffein yang terdapat pada kopi atau teh dan zat stimulan pada minuman ringan dan cokelat terbukti bisa menyebabkan pola tidur terganggu.
  7. Dua jam sebelum tidur hindari rokok dan minuman beralkohol. Rokok juga bisa merupakan stimulan bagi pusat syaraf manusia yang membuat susah tidur. Minuman beralkohol mungkin saja membuat agan cepat tidur tapi ini malah mengakibatkan kerap terbangun di malam hari.
  8. Hindari juga makan besar dua jam sebelum waktu tidur tiba. Ini akan membuat perut tak enak saat berbaring akibatnya agan pun susah terlelap.
  9. Tenangkan pikiran dan mental agan. Jangan terlalu banyak memikirkan masalah ketika menjelang tidur malam. Siapkan diri untuk tidur dan mimpi indah

Mulai sekarang Anda bisa membuat tidur menjadi lebih berkualitas dengan tips diatas, tidur yang berkualiatas menghasilkan produktivitas yang tinggi.[](AG/DA)

Konsultasi Dokter Terkait