Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeInfo SehatKesehatan UmumCara Mengatasi Kesulitan Berbicara (Gagap)
Kesehatan Umum

Cara Mengatasi Kesulitan Berbicara (Gagap)

dr. Theresia Rina Yunita, 11 Des 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Gagap bisa terjadi pada siapa saja. Kegagapan bisa diatasi dengan cara-cara berikut ini.

Cara Mengatasi Kesulitan Berbicara (Gagap)

 

Gagap adalah gangguan bicara. Kondisi ini ditandai dengan seringnya penghentian bicara antar suku kata, ada penahanan dan pengulangan bunyi, serta penggantian kata untuk menghindari kata yang menimbulkan masalah.

Gagap bisa dialami siapa pun tanpa mengenal jenis kelamin, umur, ataupun lainnya. Taraf kondisinya pun variatif, mulai dari taraf ringan sampai berat. Maka dari itu, cara mengatasi gagap pun berbeda-beda.

Biasanya gagap terjadi pada anak-anak berumur 2 sampai 7 tahun yang masih belajar bicara. Biasanya, kegagapan akan hilang seiring dengan perkembangan otak yang makin sempurna. Kendati begitu, kegagapan dapat berlanjut dan makin buruk. Kondisi ini disebut kegagapan yang berkembang (developmental stuttering). 

Kegagapan juga dapat diperoleh sebagai akibat dari cedera otak (biasanya dari cedera karena kecelakaan atau karena penyakit yang berhubungan dengan otak, misalnya Alzheimer). Atau terkadang juga akibat trauma yang berat.

Berikut ini adalah cara menghilangkan gagap yang bisa dilakukan:

1. Bicara Lebih Lambat

Untuk menghilangkan gagap, caranya bisa dengan mencoba berbicara lebih lambat. Terburu-buru untuk menyelesaikan sebuah ide dapat menyebabkan Anda gagap atau kesulitan mengeluarkan kata-kata.

Ambilah napas dalam-dalam dan berbicara perlahan akan sangat membantu. Beri tahu orang-orang di sekitar Anda bahwa Anda sedang mencoba ini sehingga kesabaran mereka akan membuat Anda tidak segan untuk mencoba.

2. Latihan

Hubungi teman terdekat atau anggota keluarga untuk berlatih bersama mereka. Anda dapat duduk berdampingan atau berhadapan sambil berlatih pidato atau berbicara hingga lancar dan tidak gagap. 

3. Bergabung dengan Komunitas

Bergabung dengan komunitas yang memiliki masalah serupa mungkin dapat membantu Anda. Dari komunitas ini, Anda dapat mempelajari cara-cara untuk mengatasi bicara gagap. Komunitas ini juga bisa membuat Anda merasa tidak sendirian. 

Artikel Lainnya: Kondisi Gagap Meningkatkan Risiko Diabetes pada Pria

4. Terapkan Mindfulness

Mindfulness adalah bentuk meditasi yang memungkinkan Anda untuk tenang dan fokus pada pikiran atau tindakan tertentu. Ini dapat membantu Anda dalam relaksasi dan meredakan kecemasan. Orang dewasa maupun anak-anak dapat berlatih mindfulness untuk membantu mengatasi kegagapan.

5. Rekam Diri Anda

Cara agar tidak gagap saat berbicara bisa dilakukan dengan merekam suara Anda sendiri. Cara ini juga dapat membantu Anda lebih memahami kemajuan Anda.

Selain membantu menjelaskan kata atau frasa yang memicu Anda menjadi gagap, merekam diri saat berbicara juga dapat membantu Anda mendengar hal-hal yang tidak Anda perhatikan sebelumnya.

6. Konseling

Terapi ini akan mendidik orang tua ataupun orang terdekat penderita berkaitan dengan perkembangan berbicara. Konseling juga membantu orang-orang sekitar untuk menanggapi mereka yang gagap dengan cara yang positif.

Tanggapan yang tepat dapat membantu orang yang gagap terhindar dari masalah sosial dan emosional yang dapat berkembang. Anda pun dapat mendukung mereka agar terhindar dari kegagapan permanen.

7. Terapi Berbicara

Terapi ini mempunyai sejumlah pendekatan yang berbeda, tergantung pada faktor-faktor seperti usia, apakah masalah kegagapan ini ingin diatasi dengan sendirinya, dan tingkat masalahnya.

Biasanya ahli patologi masalah berbicara dan berbahasa juga menggabungkan dan memperluas elemen dari teknik konseling.

Artikel Lainnya: Benarkah Orangtua Sering Berteriak Sebabkan Anak Gagap?

Cara menghilangkan gagap dalam terapi ini memiliki dua metode, yaitu:

  • Pengobatan Tidak Langsung

Metode ini berfokus pada penciptaan lingkungan yang nyaman dan santai, sehingga dapat meningkatkan cara berbicara penderita dengan alami. Ahli patologi disini akan mengevaluasi dan memonitor kemajuannya.

  • Pengobatan Langsung

Metode ini berbentuk suatu interaksi pribadi antara ahli patologi dengan penderita kegagapan. Ahli patologi akan mengajarkan penderita bagaimana membentuk kata-kata, berbicara secara perlahan, dan merasa santai walaupun saat kegagapan muncul.

Selain itu, penderita juga dapat mempraktikkan sendiri latihan-latihannya di luar jam praktik. 

Di sini, penderita belajar untuk menghilangkan gejala-gejala fisik dari kegagapan, seperti mata berkedip, dan bagaimana menghadapi masalah emosi yang mungkin timbul akibat kegagapan tersebut.

8. Konsumsi Obat 

Obat dari dokter terkadang digunakan sebagai bagian dari terapi untuk kondisi seperti depresi atau kecemasan yang dapat memperburuk kegagapan. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Itulah cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kegagapan. Atasi kegagapan sejak dini, dukunglah anak Anda ataupun orang terdekat Anda yang mengalami kegagapan untuk dapat mengatasi masalahnya.

Bantulah dengan selalu mendengarkan apa yang dikatakan mereka, selalu melakukan eye-contact dengan mereka saat berbicara, dan berusahalah agar tidak menyelesaikan kata-kata yang ingin mereka ucapkan.

Segera konsultasikan ke dokter jika kegagapan bertambah buruk dan tidak juga sembuh. Anda bisa menggunakan layanan Live Chat di aplikasi Klikdokter untuk konsultasi lebih mudah. 

[WA]

Gagap

Konsultasi Dokter Terkait