Otot dan Sendi

Softdrink Tingkatkan Resiko Arthritis Reumatoid

Tim Redaksi KlikDokter, 08 Okt 2010

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Artritis adalah penyakit radang sendi yang disebabkan oleh meningkatnya kadar asam urat. Sebuah studi yang berlangsung selama 12 tahun di Kanada menemukan bahwa 2 kaleng softdrink ukuran sedang dapat meningkatkan risiko artritis pada wanita hingga 85 persen.

Softdrink Tingkatkan Resiko Arthritis Reumatoid

Sumber : kompas.com

Artritis adalah salah satu penyakit radang sendi yang disebabkan oleh meningkatnya kadar asam urat dan banyak menyerang wanita usia menopause. Sebuah studi yang berlangsung selama 12 tahun di Kanada menemukan bahwa 2 kaleng softdrink ukuran sedang dapat meningkatkan risiko artritis pada wanita hingga 85 persen.

Sementara itu, jika kita mengonsumsi hanya satu kaleng sehari, risiko artritis "hanya" meningkat sebesar 45 persen. Menurut Richard Johnson, MD, semakin banyak ditemukan bukti yang menunjukkan peningkatan konsumsi fruktosa dapat menyebabkan naiknya kadar asam urat.

Meski begitu, ia mengakui belum bisa memastikan apakah jika konsumsi fruktosa dikurangi, otomatis akan menurunkan kadar asam urat. Kesimpulannya, penelitian masih terus berlanjut dan kecurigaan terhadap minuman ini patut kita pertimbangkan. Untuk amannya, kita dianjurkan untuk menjaga berat badan normal dan membatasi minuman softdrink, kacang-kacangan yang digoreng, kerang-kerangan, dan sarden.

radang sendi

Konsultasi Dokter Terkait