Sehat dan Bugar

Jenis-jenis Yoga yang Baik bagi Tubuh

dr. Arina Heidyana, 19 Mar 2020

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Yoga telah menjadi bagian dari gaya hidup sebagian besar masyarakat urban. Anda salah satunya? Kenali dulu jenis-jenis yoga yang baik bagi kesehatan.

Jenis-jenis Yoga yang Baik bagi Tubuh

Jejaring sosial Anda mungkin dipenuhi oleh foto teman-teman yang tengah melakukan pose yoga. Olahraga asal India ini memang semakin populer karena gerakannya yang beragam. Banyaknya jenis yoga dan posenya tersebut membuat tubuh menjadi lentur sekaligus membentuk tubuh.

Namun, yoga tak hanya sekadar kemahiran dalam melakukan pose atau gerakan yang sulit saja. Ada banyak manfaat kesehatan di balik semua gerakan itu.

Bahkan, beberapa studi menyebutkan bahwa latihan yoga yang dilakukan secara teratur –baik bagi penderita darah tinggi, penyakit jantung, maupun nyeri otot (termasuk nyeri punggung bawah)– dapat mengurangi tingkat stres dan depresi.

Selain itu, yoga memiliki berbagai jenis gerakan mulai dari yang gampang sampai cukup sulit dilakukan. Macam-macam jenis yoga dan kesulitannya ini punya fungsi masing-masing, lho!

Apa Saja Jenis-jenis Yoga?

Yoga dibagi menjadi beberapa jenis dan biasanya dilakukan selama 45-90 menit. Jenis-jenis gerakan yoga itu antara lain:

Hatha

Hatha—yang bermakna melatih postur tubuh—merupakan kelas yoga tingkat dasar. Gerakannya pun lebih sederhana dan terfokus untuk melatih pernapasan pada setiap pose. Karena temponya yang lembut, hatha adalah yoga baik untuk pemula.

  1. Vinyasa

Berbeda dengan hatha, yoga vinyasa lebih bersifat dinamis. Vinyasa menggabungkan gerakan yang dinamis dan latihan pernapasan. Yoga jenis ini cocok bagi Anda yang energetik dan terbiasa melakukan latihan aerobik atau kardio yang cepat.

  1. Iyengar

Berbeda dengan vinyasa, setiap pose pada iyengar yoga dilakukan dalam durasi yang lebih lama. Iyengar lebih terfokus pada detail dan ketepatan setiap gerakan. Alat bantu, seperti yoga block, tali atau dinding, dapat dipakai untuk membantu para pemula.

Artikel lainnya: Hilangkan Stres dan Cemas dengan Yoga

  1. Ashtanga

Anda mencari latihan yoga yang menantang? Coba ikuti kelas yoga ashtanga. Yoga jenis ini terdiri dari enam seri pose yang berurutan. Pada setiap sesi, Anda akan melakukan gerakan yang sama dan terstruktur.

  1. Bikram

Bikram merupakan gerakan yoga yang dilakukan di dalam ruangan bersuhu 400C dengan kelembapan mencapai 40 persen. Jenis yoga ini terdiri dari 26 pose, serta latihan pernapasan. Jangan paksakan diri Anda jika tidak kuat.

  1. Kundalini

Yoga kundalini akan membuat Anda melakukan latihan fisik berulang, dibarengi dengan latihan napas yang intens.

Tujuannya adalah untuk melepaskan energi dalam diri dan meningkatkan tingkat kewaspadaan diri. Kundalini yoga juga meliputi latihan meditasi untuk meningkatkan sisi spiritual Anda.

Artikel lainnya: Yoga untuk Mengatasi Kelainan Tulang Belakang

  1. Yin

Jika Anda menginginkan ketenangan serta keseimbangan tubuh dan pikiran, yoga yin merupakan pilihan tepat. Jika tergolong baru, Anda mungkin merasakan sedikit kesemutan atau tidak tahan berlama-lama berada dalam 1 pose.

  1. Restorative

Gerakan serta pose yang dilakukan dalam restorative yoga lebih santai dan lambat. Anda pun akan lebih diberikan kesempatan untuk berelaksasi lebih dalam.

Anda akan menggunakan alat bantu, seperti selimut, guling dan yoga block, saat melakukan latihan ini. Restorative yoga sangat baik bagi Anda yang memiliki gangguan cemas atau susah tidur.

Jivamukti

Ini adalah jenis yoga yang cukup menantang secara fisik. Ditemukan oleh Sharon Gannon dan David Life pada 1986, Jivamukti menggabungkan beberapa jenis yoga dengan berbagai ajaran spiritual kuno dan modern.

Selain pose, jivamukti juga menggabungkan kegiatan lain, seperti mendengarkan musik, meditasi, dan mendengar perkataan-perkataan inspiratif. Hal itu semua sangat baik dalam menemukan kedamaian dalam diri dan juga menyehatkan tubuh.

Anusara

Anusara merupakan jenis yang lebih modern dari hatha yoga. Filosofi utama dari jenis ini adalah keselarasan antara pikiran, tubuh, dan roh. Oleh karena itu, dalam melakukan gerakan yoga ini, Anda diminta untuk menahan pose dalam waktu cukup lama, yakni sekitar 5 menit setiap posisi.

Setelah mengetahui jenis-jenis yoga dan manfaatnya, Anda bisa memilih mana yang paling cocok sesuai kemampuan dan tujuan. Sambil beryoga, jaga kebugaran tubuh dengan menerapkan gaya hidup sehat juga, ya! Jangan ketinggalan info kesehatan lainnya di aplikasi KlikDokter.

[HNS/ RH]

YogaOlahraga

Konsultasi Dokter Terkait