klikdokter.com
Jumat, 22 Agustus 2014


 

Bookmark and Share  
Dr. Andri, Sp.KJ.

Ahli Kejiwaan yang Menjiwai Bidang Kejiwaan

Terlepas dari segala bentuk niatan memanfaatkan momentum fenomena beredarnya video seks mirip artis beberapa waktu lalu, Klikdokter.com berkesempatan mendapatkan sebuah pencerahan sudut pandang dari seorang ahli kejiwaan medis muda yang baru meluncurkan bukunya yang berjudulkan “Jangan Panggil Saya Gila!! Bagaimana Memaknai Kehidupan?” belum lama ini.

Pun dari sudut pandang beliau, lahirlah sebuah artikel berjudulkan “Menonton Video Porno Berpotensi Gangguan Jiwa” yang kami angkat sebagai Topik Utama pada pekan lalu. Hasil pengamatan kami membuat Klikdokter.com untuk terdorong untuk mengenal dr. Andri, SpKj. secara lebih  jauh.

Dokter spesialis psikiatri yang selalu terlihat segar dan rapi ini memang telah melanglang buana dengan hasil karyanya di berbagai media, dalam dan luar negeri. Tak ayal hal ini dikarenakan kegiatan yang paling disukainya adalah membaca, menulis artikel, meneliti dan presentasi.

Seusai merampungkan pendidikan menengah atas, dr. Andri menjatuhkan pilihannya di dunia medis karena berpikir bahwa pekerjaan menjadi dokter, merupakan satu-satunya profesi yang bukan hanya menghasilkan uang namun juga dapat dijalani dengan melakukan amal baik bagi orang banyak. “Sekali merengkuh dayung, dua pulau terlampaui,” ungkap Pria yang juga menyenangi menonton film di bioskop dan jalan-jalan ini.

Selama menjalani pendidikan dokter umumnya, ketertarikan dr. Andri terhadap dunia kejiwaan mulai bertumbuh sejak awal perkuliahan. “Ketika Saya masih di tingkat 1, (Alm) dr. A. J. Houkom, SpKJ sering menyinggung teori Sigmund Freud dalam kuliah Ilmu Budaya Dasar. Saya juga terinspirasi oleh tokoh Barney Levingston dalam buku Doctors karangan Erich Segal,” kenang Beliau.

Motto hidupnya adalah melakukan yang terbaik sesuai kemampuan diri. Berangkat dari keyakinan itu, dr. Andri berusaha untuk melakukan yang terbaik di bidangnya sebagai dokter ahli kejiwaan. Beliau giat membagikan ilmunya kepada masyarakat luas di kolom-kolom kesehatan surat kabar Indonesia. Dr. Andri juga aktif berbicara sebagai narasumber topik kesehatan kejiwaan di berbagai siaran radio Ibu kota.

Keinginannya untuk mendalami ilmu kejiwaan terus Beliau pupuk. Beberapa tahun terakhir, Beliau mengkonsentrasikan dirinya dalam ranah psikosomatik. Bukan hanya menulis artikel dan menjadi pembicara untuk topik ini, kepiawaiannya dalam bidang ini terus menghantarnya mengepalai klinik-klinik psikosomatis di Tangerang.

 

Bersama Joel E. Dimsdale, M.D., Psychiatry and Behavioral Medicine,
dari University of California San Diego, La Jolla, California, pada saat
68th American Psychosomatic Society Annual  Meeting, Portlanda, Oregon USA.

Usahanya untuk terus memberikan yang terbaik tidak hanya berhenti di situ. Dua bulan yang lalu, dr. Andri baru saja meluncurkan sebuah buku yang berjudul “Jangan Sebut Aku Gila!! Bagaimana Memaknai Kehidupan?”.

Dr. Andri melewati waktunya dengan penuh kesibukan dan aktivitas yang padat. Namun beliau tetap berusah untuk menjalani gaya hidup sehat dengan berolahraga dan tidak merokok. “Karena dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat,” ungkapnya dengan senyum penuh dan lesung pipit di wajah.[](JF/DA)



RIWAYAT HIDUP DATA PRIBADI
Nama:
Dr. Andri, SpKJ
Tanggal Lahir:
Tangerang, 19 Desember 1978

RIWAYAT PENDIDIKAN

Lulus Pendidikan Dokter:
2003
Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Jakarta, Indonesia.

Lulus Pendidikan Spesialis Kedokteran:
2008
Program Pendidikan Dokter
Spesialis Psikiatri
Fakultas Kedokteran
Universitas Indonesia

 

RIWAYAT PENDIDIKAN INFORMAL

Evidence–based Medicine in Mood Disorders, Lundbeck Institute Asia. Singapore,
2007

Diploma in Leadership and Professional Skills for Young Psychiatrist, National University Hospital, Singapore,
2009

Mini Medical School, Biobehavioral Approach To Stress and Health, 68th American Psychosomatic Society Annual Meeting, Portland,Oregon, USA,
2010

 

RIWAYAT PEKERJAAN

Asisten Asosiasi Profesor, Departemen Psikiatri Fakultas Kedokteran, Universitas Krida Wacana,
2008-sekarang

Kepala Klinik Psikosomatis Omni International Hospital,
2008-sekarang

Kepala Klinik Rawat Jalan Klinik Kesehatan Mental dan Psikosomatis Global Medika Hospital,
2005-sekarang

Staf Publikasi dari Indonesian Psychiatric Association, editor dari Indonesian Psychiatric Association newsletter,
2009-sekarang

 

RIWAYAT ORGANISASI

The American Psychosomatic Society (APS)

The Academy of Psychosomatic Medicine (APM)

The World Psychiatric Association section Psychiatry, Medicine and Primary care

Ikatan Dokter Indonesia (IDI)

Indonesian Psychiatric Association (IPA)

 

Lihat juga profil lainnya


 1 2 3 4 >  Last ›


Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia