klikdokter.com
Rabu, 17 September 2014

Anak yang Berolahraga Sedikit Risiko Patah Tulang di Usia Tua

Oleh: dr. Ema Anindia

KlikDokter.com - Studi terbaru membuktikan bahwa menganjurkan anak untuk berolahraga sejak kecil dapat memperkuat tulang anak sehingga dapat menghindari patah tulang pada usia tua.  

Keaktifan fisik yang diberikan saat anak sekolah seperti pelajaran olah raga yang seorang anak dapat sewaktu sekolah, sangat penting untuk melawan obesitas, namun penelitian terbaru berpendapat bahwa olahraga dapat menjaga kesehatan tulang juga.

Selama 6 tahun, para peneliti dari Skane Univeristy Hospital di Swedia mengikuti 808 anak laki-laki dan anak perempuan dari usia 7 hingga 9 tahun yang dibagi menjadi 2 kelompok,  dimana pada kelompok pertama anak-anak tersebut hanya diminta untuk berpartisipasi dalam aktivitas fisik selama 40 menit setiap harinya dan pada kelompok kedua anak-anak tersebut diminta untuk beraktivitas fisik selama 60 menit selama seminggu yang dilakukan selama jam sekolah. Lalu selanjutnya para peneliti tersebut mengikuti perkembangan tulang anak-anak tersebut serta mendokumentasi laporan mengenai patah tuang dan membandingkan hasil antar grup.

Studi yang dilaporkan oleh American Orthopedic Society for Sports Medicine di Chicago, dimana mereka melaporkan bahwa selama periode studi anak-anak yang berolahraga secara rutin mengalami 72 patah tulang, dan anak-anak pada grup kontrol mengalami 143 patah tulang. Anak-anak pada kelompok yang secara teratur berolahraga menunjukkan masa tulang yang lebih tinggi/padat, dimana masa tulang menunjukkan kekuatan tulang, dimana saat tulang menjadi “tipis” maka disaat itu tulang akan gampang patah.

Untuk memperkuat pendapat ini, para peneliti juga meneliti 708 pria mantan atlit di usia 60 dan 70 dan mengbandingkan jumlah patah tulang dan densitas tulang pada pria pada usia yang sama yang bukan mantan atlit. Dari penelitain ini dapat ditarik hipotesis bahwa densitas tulang (kepadatan tulang) ternyata jauh lebih baik pada para mantan atlit. Dengan hasil ini, peneliti menyimplukan bahwa keaktifan fisik dapat memperkuat densitas tulang dan menjaga pertumbuhan tulang yang baik. Maka anjurkan anak untuk berolahraga sejak dini !!![](EA)

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[]



Jika ingin bertanya ke Dokter kami, Silahkan klik disini


 

Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Ayo, Ajak Anak Periksa Gigi Sejak Dini!
Anak Anda Susah Makan?
Muda Merokok, Tua Rematik