klikdokter.com
Kamis, 24 April 2014
Login | Register


 

Cahaya Infra Merah Dalam Pengobatan Kanker

Klikdokter.com - Sebuah penelitian di National Cancer Institute, Maryland, Amerika Serikat menemukan cara mengobati penderita kanker dengan membuat obat senyawa antibodi yang mampu menempel hanya pada protein dipermukaan sel kanker menggunakan cahaya infra merah. Hal ini merupakan suatu penemuan baru dimana pengobatan dapat ditargetkan secara langsung tanpa merusak jaringan sehat lain di sekitarnya.

Seperti yang ketahui, bahwa semua cara penanganan dan pengobatan kanker saat ini masih memiliki efek samping yang cukup beresiko terhadap kesehatan tubuh lainnya baik itu dengan cara menghancurkan sel kanker menggunakan pemaparan radiasi, operasi pengangkatan tumor kanker, hingga penggunaan obat-obatan dalam membunuh sel kanker dari dalam.

Meskipun penelitian menggunakan antibodi dan cahaya infra merah baru berhasil diterapkan pada tikus percobaan di laboratorium, namun penelitian menemukan bahwa ukuran tumor sel kanker dapat mengecil secara signifikan dan mampu mematikan sel kanker yang telah ditentukan. Dengan demikian secara langsung meminimalisir kerusakan pada sel normal. Menjadikan cara ini sebagai salah satu terapan yang sangat berpotensial dalam mengobati kanker.

Untuk itu penelitian yang di publikasikan dalam jurnal medis Nature Medicine ini mendapatkan dukungan dari Dr. Laura McCallum, Cancer Research UK’s Science Communication Officer, Inggris. Ia mengungkapkan bahwa penggunaan antibodi dan terapi photodynamic yang secara khusus menargetkan sel-sel kanker telah terbukti menyembuhkan beberapa jenis kanker, sehingga penggabungan kedua cara ini merupakan upaya terbaik seperti dilansir dalam BBC News Health.[](E)



Jika ingin bertanya ke Dokter kami, Silahkan klik disini


 

Baca Sebelumnya

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter