klikdokter.com
Rabu, 23 April 2014
Login | Register


 

Tips Sehat Selama Liburan

KlikDokter.com – Tips sehat selama liburan dari Dr. Marbella Zumaya, seorang dokter dari Covenant Medical Group, memberikan cara untuk tetap sehat saat berlibur dan setelah berlibur serta bagaimana kembali merasa segar dan fit kembali. Saat anda akan melakukan liburan, mungkin rasa lelah saat di penerbangan, berkendara, dalam perjalanan, ataupun mendapat tempat penginapan yang tidak nyaman membuat badan menjadi tidak segar dan merasa lemas.

Rancanglah jadwal penerbangan sebaik mungkin dan sesuai dengan waktu yang dimiliki. Pastikan anda memiliki waktu berlibur tidak terburu-buru agar anda memiliki waktu yang santai dan tenang. Tubuh membutuhkam waktu untuk beristirahat dan pemulihan setelah berlibur, hal ini berfungsi dengan baik untuk melawan penyakit. Penting juga untuk membawa obat-obatan, karena ini akan berguna saat sakit menyerang. Tips sehat selama berlibur lainnya, yaitu;

  1. Mabuk Diperjalanan

    Mabuk perjalanan seringkali menyebabkan rasa pusing dan mual. Cegah dan atasi hal ini dengan mengkonsumsi permen atau minuman jahe hangat, hal ini baik untuk mengatasi mual serta badan terasa hangat.
  1. Perbanyak Cemilan

    Rasa lapar tidak bisa dihindari dalam perjalanan jauh. Untuk itu bawalah cemilan atau snack sehat seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan buah-buahan sebagai sumber energi sementara dan menahan rasa lapar. Hal ini penting karena agar perut tidak kosong.
  1. Perbanyak Air Putih

    Perjalanan yang lama terkadang bisa menyebabkan pusing. Minumlah air putih yang cukup setiap hari agar tubuh tetap terhidrasi dan mencegah dehidrasi. Hindari minuman yang mengandung kafein dan alkohol selama berlibur. Sangat penting membatasi asupan kafein selama dalam perjalanan. Mengkonsumsi lebih dari dua cangkir akan menyebabkan ketegangan saraf.
  1. Manfaatkan Waktu Kosong Untuk Tidur

    Manfaatkan waktu tidur sebisa mungkin. Tidur kapanpun jika merasa kantuk, hal ini akan memberikan waktu tubuh beristirahat meskipun hanya 15 menit. Tidur juga membantu menyimpan energi untuk tetap sehat dan fit selama diperjalanan. Pastikan anda tetap mendapatkan istirahat yang cukup dan tidur yang nyenyak selama perjalanan maupun di tempat tujuan liburan. Lakukan peregangan dan beri kaki pijatan ringan untuk mengendurkan otot dan melancarkan aliran darag di kaki. Istirahatkan beberapa menit dan siap untuk menikmati liburan.
  1. Usir Jet Lag

    Berpergian menggunakan pesawat membuat jam biologis tubuh berubah, baik karena pengaruh matahari dan penurunan daya tahan tubuh. Untuk mengatasinya, cobalah berjemur di bawah sinar matahari selama 30 menit ketika anda tiba di tempat tujuan dan konsumsi suplemen melatonin di malam hari.
  1. Regangkan otot

    Saat berpergian dengan transportasi udara, laut maupun darat, biasakan bangun dari kursi anda dan lakukan peregangan otot setiap jamnya, selama lima menit. Regangkan tangan dan kaki secara santai, dan jika memungkinkan cobalah sedikit berjalan-jalan di dek kapal atau koridor pesawat dan bus. Cara ini bermanfaat membantu melancarkan sirkulasi darah.
  1. Cuci Tangan Sebelum Makan

    Cuci tangan sebelum makan, jika tidak memungkinkan sediakan selalu antiseptic untuk membersihkan tangan, karena saat diperjalan dengan menggunakan transportasi umum, kuman ada dimana-mana. Dengan mecuci tangan ini adalah cara terbaik menghindari penangkapan penyakit dari kuman.[](SN)

 



Jika ingin bertanya ke Dokter kami, Silahkan klik disini


 

Baca Sebelumnya

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter