klikdokter.com
Rabu, 24 September 2014

Insulin yang Berasal dari Tanaman

Insulin yang ditumbuhkan di dalam tanaman diujicobakan ke manusia untuk pertama kalinya. Harapannya adalah agar tanaman tersebut mampu menyediakan kebutuhan insulin yang lebih murah bagi para penderita diabetes.

Sembiosys Genetics,perusahaan Kanada yang bertempat di Calgary, Alberta, telah menyuntikkan gen insulin manusia ke dalam Safflowers (Carthamus tinctorius L), dan membuat tanaman membuat komponen pro-insulin. Enzim tersebut kemudian diubah ke dalam jenis Insulin yang disebut dengan SBS-1000.

Tes terdahulu mengindikasikan bahwa SBS-1000 identik terhadap insulin manusia (human insulin). Bulan lalu Sembiosys mencoba membandingkan insulin ini dengan insulin dari sumber lain pada sukarelawan yang sehat. Perusahaan ini berencana untuk melepaskan SBS-1000 tahun ini.

Kebanyakan insulin diproduksi atau dihasilkan oleh bakteri dalam proses fermentasi. Karena proses ini membutuhkan biaya besar, Sembiosys berharap menggunakan insulin yang berasal dari tanaman akan lebih murah karena tidak melewati tahapan yang sama dengan fermentasi bakteri.

Safflowers tidak banyak ditumbuhkan di Amerika Utara, dan tidak ada yang tumbuh liar di daerah tersebut. Hal ini dilakukan untuk meminimalisasi risiko terlepasnya gen yang berasal dari safflowers yang memproduksi insulin disana.

 

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[]



Jika ingin bertanya ke Dokter kami, Silahkan klik disini


 

Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Waspadai Kanker pada Anak
Ancaman Karies Mengintai Para Atlet
Otak Tak Mampu Bedakan Lokasi Sakit Gigi