klikdokter.com
Rabu, 23 April 2014
Login | Register


 

Susu dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

 

susu untuk kesehatan kalsium osteoporosisKlikdokter.com - Tubuh manusia membutuhkan kalsium, terutama pada masa remaja disaat terjadinya proses pertumbuhan dan kekuatan pada tulang. Produk susu bagaikan ‘peralatan’ yang penting untuk kesehatan tulang. Semua produk susu (keju dan mentega) merupakan sumber nutrisi alami yang baik untuk pertumbuhan dan kesehatan tulang, diantaranya kalsium, vitamin A, protein, fosfor dan magnesium. Sebagai tambahan, susu diperkuat oleh vitamin D, yaitu yang bersama-sama kalsium menyehatkan tulang.

 

Apakah susu dapat membantu untuk mengurangi berat badan?

Ya! Penelitian menunjukkan bahwa orang yang melakukan diet rendah kalsium memiliki risiko dua kali lipat akan menjadi overweight bila dibandingkan dengan mereka yang melakukan diet tinggi kalsium. Mengapa demikian? Para peneliti percaya bahwa diet tinggi kalsium akan membantu membakar energi melalui panas, sedangkan diet rendah kalsium justru akan menyimpannya menjadi lemak dalam tubuh kita. Penelitian lain juga menyebutkan bahwa ketika orang mendapatkan tambahan kalsium melalui mentega dan keju, berat badannya akan berkurang bila dibandingkan dengan mereka yang mendapatkan kalsium dari suplemen.

Apakah susu dapat membantu menurunkan tekanan darah anda?

Ya! Penelitian terbaru menyebutkan bahwa sedikit perubahan dari kebiasaan makan anda, termasuk didalamnya menghidangkan 3-4 produk susu dan 8-10 buah-buahan dan sayuran akan membantu menurunkan tekanan darah Anda. Dalam penelitian ini, ketika susu ditambahkan kedalam diet tinggi buah-buahan dan sayuran, akan menurunkan tekanan darah sebanyak 2 kali bila dibandingkan dengan diet tinggi buah-buahan dan sayuran saja. Nutrisi seperti kalsium, kalium dan magnesium yang terdapat dalam produk susu, buah-buahan dan sayuran berkaitan dengan tekanan darah yang sehat.

Apakah produk susu baik untuk jantung Anda?

Banyak orang berpendapat salah, bahwa untuk melindungi jantung mereka, mereka menghindari mengkonsumsi mentega dan keju dalam diet mereka. 

Penelitian terbaru mengatakan bahwa didalam susu terkandung beberapa substansi yang justru berguna untuk jantung Anda. Asupan tinggi kalsium dipercaya dapat melindungi dari penyakit jantung. Kita tahu bahwa diet tinggi produk susu bersama buah-buahan dan sayuran dapat menurunkan tekanan darah juga mengurangi jumlah substansi yang bernama hemosistein dalam darah. Kadar hemosistein yang tinggi dalam darah juga tekanan darah yang tinggi merupakan faktor risiko tinggi terjadinya penyakit jantung koroner.

Tingginya kadar kolesterol dalam darah juga merupakan faktor risiko tinggi penyakit jantung. Meminum produk susu fermentasi secara rutin seperti yogurt yang mengandung bakteri yang sehat untuk jantung seperti lactobacillus acidophilus, dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

CLA (Conjugated Linoleac Acid), yaitu tipe lemak yang terkandung dalam susu akan membuat jantung tetap sehat dengan cara menurunkan kadar kolesterol dalam darah juga.

Apakah susu dapat mencegah stroke?

Terdapat bukti yang kuat bahwa kalsium yang terkandung dalam produk susu, namun bukan yang dari non-produk susu dapat menurunkan risiko terjadinya stroke hingga 50%. Para peneliti sekarang mencoba untuk menentukan apakah hal itu disebabkan karena kalsiumnya sendiri, substansi lain yang terkandung dalam susu, atau bahkan perilaku menyehatkan yang berkaitan dengan kebiasaan minum susu.

Apakah dengan minum susu dapat melindungi dari beberapa tipe kanker?

Tampak bahwa CLA (Conjugated Linoleac Acid) tipe lemak yang terkandung dalam susu, dapat melindungi kita dari kanker kolon dan kanker payudara. Substansi lain dalam susu seperti sfingomielin dan asam butirik juga berpotensi sebagai agen anti-kanker. Nyatanya, banyak penelitan yang mengatakan bahwa wanita yang banyak mengkonsumsi susu terbukti memiliki angka yang rendah terhadap penyakit kanker payudara. Penelitian lain juga membuktikan bahwa wanita yang banyak mengkonsumsi produk susu secara teratur, terbukti memiliki angka yang rendah terhadap kanker ovarium. Sampai saat ini, penelitian terhadap susu yang dapat menurunkan risiko terhadap penyakit kanker terus dilakukan.

Apakah kalsium dalam susu dapat menyebabkan terjadinya batu ginjal?

Tidak! Asupan kalsium tinggi terdapat dari makanan menurunkan risiko terjadinya batu ginjal. Namun, asupan kalsium tinggi yang didapat dari suplemen justru malah meningkatkan risiko.

Apakah susu dapat mencegah gigi berlubang?

Ya! Penelitian membuktikan bahwa dengan mengkonsumsi susu secara teratur dapat mencegah hancurnya enamel yang terdapat pada gigi kita, bahkan membantu membangun kembali enamel yang rusak.

Bagi Anda ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[]

Baca Juga

 

Inilah Daftar Makanan Tinggi Asam Urat

Tingginya kadar asam urat dalam darah seseorang dapat diketahui melalui pemeriksaan darah. Sekaligus bisa dikendalikan melalui pemilihan menu makan. Simak selengkapnya makanan apa saja yang menyebabkan asam urat oleh dr. Adithia Kwee disini!

Diet Rendah Lemak

Anda sedang berusaha menurunkan berat badan dengan mengurangi lemak? Apa saja menu untuk mengurangi lemak di tubuh? Simak selengkapnya oleh dr. Tri Rejeki Herdiana disini.

gemuk turun diet berat badan  makan minum

5 Kebiasaan Makan di Restoran Penyebab Kegemukan

Anda termasuk penghobi makan di restoran? Sudah sepantasnya Anda lebih cermat untuk memperhatikan kesehatan! Karena menurut dr. Alvin Nursalim terdapat beberapa kebiasaan makan di restoran yang justru pencetus kegemukan. 

Olahraga untuk Jantung Sehat

Latihan fisik atau olahraga dapat menjaga agar Anda tetap sehat, meningkatkan mobilitas, menghindari faktor risiko tulang keropos, mengurangi stres dan jauh dari risiko penyakit jantung. Simak selengkapnya oleh dr. Tri Rejeki Herdiana disini!

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

Acapkali jerawat yang telah berlalu di wajah meninggalkan bekas yang kerap permanen. Bisakah luka bekas jerawat dihilangkan? Simak selengkapnya dari dr. Nadia Octavia disini!

 

 



Jika ingin bertanya ke Dokter kami, Silahkan klik disini


 

Baca Juga

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter