klikdokter.com
Jumat, 19 September 2014

Intip Kesehatan Melalui Kuku

Sumber : mediaindonesia.com

TAHUKAH Anda kalau kuku bisa mencerminkan kesehatan Anda secara umum? Warna putih di satu bagian atau merah muda di bagian lainnya, serta kuku yang mudah patah bisa menjadi pertanda adanya penyakit di dalam tubuh. Gangguan di liver, paru-paru, dan jantung bisa terlihat dari kondisi kuku Anda. Berikut beberapa rahasia kuku yang menggambarkan masalah lain dalam tubuh. Dengan mengenali gejala sejak dini, tentunya penyakit yang mungkin sudah terdapat di dalam tubuh bisa ditangani lebih awal dan lebih mudah.

1. Kuku pucat(pale nail)

Kuku yang sangat pucat kadang-kadang berkaitan dengan proses penuaan. Akan tetapi, bisa juga menandakan adanya penyakit serius, seperti:

  • Anemia
  • Gagal jantung
  • Diabetes
  • Penyakit liver
  • Kurang gizi

2. Kuku berwarna putih(white nail)

Kuku yang berwarna putih dengan bagian pinggir yang lebih gelap, bisa mengindikasikan masalah liver, seperi hepatitis. Jika Anda mengalami hal ini, perlu juga dicuigai adanya gangguan liver lainnya.

3. Kuku berwarna kekuningan (yellow nail)

Infeksi jamur merupakan salah satu penyebab paling umum kuku berwarna kuning. Jika infeksi makin memburuk, maka nail bed akan mengerut, kuku menebal dan remuk. Pada beberapa kasus, kuku berwarna kuning menandakan kondisi yang lebih serius seperti penyakit gondok atau psoriasis.

4. Kuku berwarna kebiru-biruan(bluish nail)

Semburat kebiru-biruan di kuku merupakan pertanda kalau tubuh kekurangan oksigen. Ini bisa menunjukkan adanya infeksi di paru-paru, seperti pneumonia.

5. Permukaan kuku berbintik dan bergelombang(rippled nail)

Permukaan kuku yang berbintik-bintik merupakan gejala awal psoriasis atau peradangan sendi. Psoriasis merupakan salah satu penyakit kulit yang hampir 10%-nya diawali dengan masalah kuku seperti ini.

6. Kuku pecah-pecah(cracked nail)

Kuku yang kering dan rapuh serta sering pecah-pecah dikaitkan dengan penyakit gondok. Jika kondisi pecah-pecah ini dipadukan dengan warna kekuningan, maka cenderung disebabkan oleh infeksi jamur.

7. Peradangan di lipatan kuku(puffy nail fold)

Warna kemerahan dan bengkak di sekitar kuku merupakan pertanda adanya peradangan pada lipatan kuku. Hal ini bisa disebabkan oleh lupus atau gangguan jaringan penghubung lainnya.

8. Garis berwarna gelap di bawah kuku (dark lines)

Garis gelap di bawah kuku kadang-kadang disebabkan oleh melanoma, jenis kanker kulit yang paling berbahaya. Karena itu, jika mengalami hal ini, sebaiknya langsung memeriksakan diri ke dokter.

9. Gigit kuku(gnawed nail)

Menggigit kuku mungkin saja dianggap sebagai kebiasaan lama. Tapi, pada beberapa kasus, hal ini merupakan pertanda kecemasan yang bisa ditangani dengan pengobatan. Menggigit kuku dikaitkan dengan obsessive-compulsive disorder. Jika Anda tidak bisa menghentikan kebiasaan ini, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter.

Kuku hanya satu pertanda

Meskipun perubahan pada kuku seringkali diikuti dengan adanya penyakit tertentu, perubahan ini biasanya bukanlah pertanda awal. Selain itu, banyak perubahan kuku yang tidak membahayakan kesehatan. Tidak semua yang mengalami perubahan kuku mengalami hepatitis. Karena itu, jika Anda mencemaskan kondisi kuku Anda, ada baiknya berkonsultasi dengan pakar dermatologi.

 

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[]



Jika ingin bertanya ke Dokter kami, Silahkan klik disini


 

Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Uganda Larang Sunat pada Perempuan
Proses Penanganan A-H1N1
Konsumsi Ikan dapat Mengurangi Risiko Gangguan pada Otak